Penilaian Lomba Desa di Sudagaran Berjalan Lancar

Penilaian Lomba Desa di Sudagaran Berjalan Lancar

Peninjauan lapangan pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Desa Sudagaran (09-05-2019) berjalan dengan lancar. Tim penilai yang terdiri dari Ganis Ribowo,S.Pd (Dinas Pendidikan), Sugiarso,Skm (Dinas Kesehatan), Nur Cahyo, SH (Tenaga Ahli PMD), Diah Onis Suryani, SH (TP PKK Kab. Banyumas), Suci Meilia dan Meita Dwi (Dinsospermasdes) tiba di Sudagaran pukul 09.00 WIB


Acara dibuka dengan sambutan oleh Camat Banyumas, Drs. Ahmad Suryanto, M.Si dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Kades Sudagaran Hadi Mulyono Putro, SE dan Ketua TP PKK Desa Sri Sabarti Setia Marhaeni.
Setelah paparan, acara dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.


Peninjauan lapangan dimulai dengan melihat kerajinan dari barang bekas yg merupakan karya ibu-ibu PKK. Kerajinan tersebut meliputi tas dan topi rajut dari kresek bekas, pakaian dari limbah plastik, tas dari plastik kemasan, dompet dari sisa kain, dll.


Tim penilai juga berkunjung ke perpustakaan desa, bumdes, ruang PKK dan kantor bank sampah. Kemudian kunjungan dilanjutkan ke kampung wisata edukasi LBSI(Lingkungan Bersih, Sehat dan Indah) yang terletak di RT 06 RW 01 dan RT 05 RW 02.
Di lapangan tim penilai menyaksikan pemanfaatan tanah pekarangan yang meliputi kolam ikan, tanaman sayur dan tanaman hias. Selain itu tim juga diajak menyaksikan "lorong bergas"(lorong bersih keluarga sehat). Dimana disini setiap rumah memiliki dua tempat sampah terpilah, tempat cuci tangan pakai sabun, dan memanfaatkan setiap tempat untuk menanam tanaman baik tanaman sayur, tanaman obat maupun tanaman hias.[fj]

Related Posts

Komentar