Lingkungan Bersih dan Sehat Desa Sudagaran Menjadi Perhatian

Lingkungan bersih dan sehat (LBS) Desa Sudagaran Kecamatan Banyumas menjadi perhatian dari berbagai kelompok masyarakat. Desa ini menjadi kunjungan dari berbagai organisasi wanita maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Salah satunya adalah Tim Penggerak PKK Desa Kedawung Kecamatan Sokaraja yang mengadakan study banding, Kamis (13/12) lalu. Rombongan yang berjumlah 31 orang tersebut dipimpin oleh Ketua TP PKK desa, Yulia Rindawati itu ingin belajar cara mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Menurutnya kunjungan ke Desa Sudagaran adalah untuk mengetahui kegiatan LBS di desa peraih penghargaan Pakarti Madya 2 tingkat nasional. 

"Kami sengaja belajar kesini, agar bisa menerapkan LBS di desa kami," katanya.

Saat menerima kunjungan, ketua TP PKK Sudagaran Sri Sabarti Setia Marhaeni memberikan paparan tentang selayang pandang kegiatan LBS di desa Sudagaran.

Kemudian tamu melakukan kunjungan lapangan untuk melihat Lorong BERGAS (bersih keluarga sehat), kemudian MABOK INFO (majalah dinding tembok informasi), pengelolaan sampah,  pemanfaatan tanah pekarangan, bank sampah dan pemanfaatan sampah untuk kerajinan. 

"Para tamu juga tidak lupa menyempatkan berfoto pada lukisan lukisan 3D yang ada," jelasnya

Sri Sabarti berharap kunjungan dapat menginspirasi dan bisa diaplikasikan di desa Karangkedawung. [Atun]

Related Posts

Komentar